Cara Daftar Kartu Pra Kerja Kementrian Ketenagakerjaan RI

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Kementrian Ketenagakerjaan RI – Saat ini Indonesia tengah menghadapi Virus Covid-19 atau Virus Corona yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China. Virus yang sudah banyak menelan korban jiwa ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Asia Tenggara yakni Indonesia. Semenjak itu pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk memutus rantai penularan Virus yang saat ini jumlah positif terus meningkat. Salah satunya dengan memberlakukan distancing sosial.

Selain itu pemerintah Indonesia juga menghentikan beberapa instansi yang bersifat perkumpulan seperti meliburkan kegiatan belajar di sekolah untuk sementara waktu, menghentikan kegiatan sosial, hal ini tentu berpengaruh pada roda pemerintahan di setiap Provinsi, Kabupaten hingga desa. Seperti yang terjadi saat ini banyak para perusahaan yang merumahkan para pekerja atau melakukan PHK Massal pada tenaga kerja di Indonesia. Mungkin salah satu progam Kartu Pra kerja ini memberikan peluang bagi tenaga kerja Indonesia yang saat ini tengah mengalami PHK saat pandemi Virus Corono atau Covid-19.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Kementrian Ketenagakerjaan RI

Apa Itu Kartu Pra Kerja?

Kartu Pra Kerja adalah progam dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) dengan bantuan biaya mencapai Rp. 3.500.00 untuk masyarakat Indonesia melakukan pelatihan dan meningkatkan ketrampilan khusus. Dengan progam pilihan yang sudah dikemas oleh pemerintah untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) bagi setia penggunanya. Progam ini menggandeng beberapa sektor perusahaan digital seperti Tokopedia, Skil Academy By Ruangguru, G2 Academy, Hacktiv8, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar.

Siapa Yang bisa Mendaftar Kartu Pra Kerja?

Kartu Pra Kerja ini diberikan untuk warga Negara Indonesia yang sudah mencapai umur 18 tahun ke atas. Siapapun bisa mendaftar Kartu Pra Kerja mulai dari pegawai, karyawan, buruh atau yang sedang mencari pekerjaan. Terutama bagi yang sudah memiliki KTP (kartu Tanda Penduduk) karena dalam pendaftaran Kartu Pra Kerja nantinya akan dibutuhkan KTP sebagai tanda bahwa anda telah mendaftar progam pemerintah ini. Sesudah anda mendaftar anda akan memilih palatihan mana yang akan anda ambil sesuai mitra kerjasama oleh Kemnaker RI seperti yang sudah kami sebutkan di atas tadi.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Sebelum kalian mendaftar kartu Pra kerja siapkan beberapa dokumen atau file agar nantinya dalam pendaftaran anda tidak gugup. Beberapa dokumen atau file yang harus disiapkan seperti.

1. Alamat Email

Alamat email adalah hal yang paling utama dalam mendaftar kartu pra kerja, pada saat mendaftar anda diharuskan memasukan alamat email sebagai tanda bahwa anda telah mendaftar kartu pra kerja. Alamat email ini juga sangat penting sebagai alat verifikasi ketika anda telah mendaftar lalu mendapatkan kode verifikasi agar akun Pra Kerja anda di aktifkan. Jika anda belum membuat email segera buat alamat email bisa menggunakan Gmail atau Yaho.

2. Foto KTP

Setelah anda menyiapkan alamat email anda perlu file foto berbentuk JPG/PNG KTP anda, dengan maksimal ukuran yang hanya diperbolehkan 5 MB. Jika foto KTP anda melebihi 5MB maka pendaftaran akan gagal dan eror serta akan mengulangi langkah pengisian from pendaftaran dari awal. Selain itu Foto KTP juga harus nampak jelas dan tanpa di edit. Jika foto KTP jelas namun ukuran foto KTP anda besar tips kami silahkan anda kompres foto KTP anda melalui internet di website kompres foto file JPG online.

3. Foto Selfi KTP

Selain foto KTP pendaftaran kartu pra kerja juga membutuhkan foto selfi dengan KTP. Menurut aatekno.com hal ini dilakukan agar pemegang KTP sama dengan pemiliknya. Nantinya foto selfi menggunakan KTP juga sebagai alat untuk mengisi from pendaftaran kartu pra kerja. Dengan spesifikasi foto selfi KTP sama persis dengan foto KTP dengan maksimal ukuran 5 MB format JPG/PNG serta harus nampak jelas dan tanpa di edit.

4. Nomer Aktif

Selain Alamat Email, Foto KTP dan Foto selfi KTP nomer aktif juga sangat diperlukan untuk mendaftar kartu Pra kerja. Nomer yang anda gunakan bisa dengan menggunakan operator Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Tri 3, Axix dan Smartfren yang terpenting nomer produk jaringan telekomunikasi Indonesia. Fungsi dari nomer ini hampir sama dengan email nantinya jika anda sudah melakukan pendaftaran diwajibkan memasukan nomer aktif dan akan menerima kode OTP (One Time Password) sebagai alat verifikasi pengaktifan akun pra kerja anda.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Kementrian Ketenagakerjaan RI

Setelah anda menyiapkan file dan dokumen yang sudah kami sebutkan diatas, selanjutnya silahkan simak cara pendaftaran progam pra kerja, simak dibawah ini.

Tahap Pertama

  1. Silahkan anda kunjungi alamat website resmi Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id
  2. Lalu pada halaman pertama website silahkan anda pilih dan klik Daftar Sekarang
  3. Anda akan di alihkan ke menu pendaftaran, silahkan masukan Alamat Email yang sudah anda buat, lalu masukan Password yang ingin anda gunakan (minimal 8 karakter contoh: 12345678).
  4. Konfirmasi Password isi dengan kata sandi yang sama, lalu centang bagian Saya Menyetujui Syarat dan Ketentuan Privasi Yang berlaku (Jika anda kurang yakin silahkan baca terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan yang berlaku).
  5. Setelah anda yakin telah mengisi alamat Email dan Password anda dengan benar silahkan klik Daftar.
  6. Setelah anda daftar anda akan menerima pemeberitahuan Cek Email Kamu, lalu silahkan anda cek inbox email anda untuk melakukan Verifikasi pendaftaran email.

Tahap Kedua

  1. Setelah anda Verifikasi email dengan cara klik inbok verifikasi pada email anda, selanjutnya anda akan di alihkan ke website pra kerja bahwa Pendaftaran Akun Kartu Pra Keja Telah Berhasil dan anda diwajibkan untuk melakukan Log in kembali menggunakan Email dan Password yang sudah didaftarkan.
  2. Selanjutnya anda akan di alihkan dengan halaman from pendaftaran kartu pra kerja yaitu Verifikasi KTP
  3. Silahkan anda masukan Nomer NIK KTP anda dan Tanggal Lahir anda, sesudah yakin dan benar silahkan pilih Lanjutkan.
  4. Kemudian anda akan di alihkan untuk from pendaftaran yang kedua yaitu mengisi data diri anda, silahkan anda isi data diri anda sesuai data KTP yang masih berlaku. Jangan Lupa untuk memasukan Foto KTP dan Foto Selfi KTP sesuai spesifikasi yang sudah kami sebutkan diatas. Jika anda sudah benar dan yakin mengisi data diri anda silahkan pilih Lanjutkan.
  5. Selanjutnya anda akan di alihkan ke Verifikasi Nomer HP, silahkan masukan nomer hp yang saat ini masih aktif untuk menerima kode OTP.
  6. Setelah Anda menerima kode OTP masukan Kode Verifikasi pada web pra kerja lalu pilih Verifikasi (jangan salah memasukan kode 3 kali, jika anda salah maka harus menunggu maksimal 44 jam untuk mendapatkan kode OTP kembali).

Tahap Ketiga

  1. Setelah anda menyelsaikan akun pendaftaran from pra kerja, tahap terakhir adalah mengisi beberapa Pernyataan
  2. Silahkan anda jawab sesuai diri anda masing-masing.
  3. Inti yang paling penting disini anda wajib mengikuti tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dengan ketentuan sebagai berikut.
    • Berisi 18 Soal dengan durasi maksimal mengerjakan 25 menit.
    • Jika waktu anda habis dalam mengerjakan maka soal akan dikirim secara otomatis ke tim Kartu Pra Kerja dan akan dievaluasi.
    • Untuk materi soal tersebut disebutkan dalam web Kartu Pra Kerja seperti Matematika, Kemampuan dasar, dan beberapa soal tentang Ekonomi.
  4. Setelah anda siap silahkan pilih Mulai Tes Sekarang.
  5. Jika anda telah selesai mengikuti Tes selanjutnya anda akan menerima pemberitahuan untuk mengikuti pengumuman kelulusan pada Daftar Gelombang silahkan anda pilih salah satu Gelombang yang ingin anda ikuti untuk mendapatkan lolos dan tidaknya anda mengikuti Progam Kartu Pra Kerja.

Catatan Penting

  • Untuk mengetahui Lolos dan tidaknya anda dalam Progam Kartu Pra Kerja, Silahkan anda cek akun Kartu Pra Kerja anda sesuai daftar gelombang yang anada pilih.
  • Jika anda lolos anda akan mendapatkan pemberitahuan Selamat Kamu Berhasil, selanjutnya ikuti intruksi dan pilih Pelatihan yang ingin anda kembangan sesuai mitra kerjasama dengan Kartu Pra Kerja.
  • Jika anda gagal, anda bisa mengikuti Gelombang selanjutnya tanpa harus melakukan pendaftaran kembali.
  • hal yang paling penting jangan beritahu kepada siapapun alamat email dan password akun pra kerja anda. Jika anda lupa silahkan anda tulis dan simpan ditempat yang hanya anda ketahui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Daftar Kartu Pra Kerja Kementrian Ketenagakerjaan RI. Semoga dapat membantu anda. Share artikel kami agar bermanfaat bagi yang lainya. Terimakasih. Semoga Berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here